5 Camilan Sehat Terbaik untuk Buka Puasa di Jalan

23 May 2018

Buka puasa memang idealnya di rumah atau restoran. Akan tetapi, Anda mungkin saja harus buka puasa di jalan karena terjebak macet atau sedang mengejar waktu. Kalau sudah waktunya buka puasa, sebaiknya jangan ditunda, segeralah berbuka. Anda tidak perlu repot berbuka dengan makanan berat, kok. Ada beberapa jenis camilan sehat yang bisa menyelamatkan Anda ketika buka puasa di jalan. Berikut daftarnya.

1. Pisang

Buah pisang adalah salah satu pilihan berbuka di jalan untuk menggantikan kolak pisang. Pisang bisa mengganjal perut selama di perjalanan karena kandungan seratnya tinggi. Serat dalam pisang juga bisa mencegah sembelit (sulit buang air besar).

Buah yang satu ini juga sangat praktis, mudah dibawa ke mana saja dan Anda tidak perlu repot-repot mengupas kulitnya dengan pisau.

2. Kurma

Berbuka puasa rasanya tak lengkap bila tak ditemani kurma. Makan beberapa buah kurma saja sudah bisa menggantikan kebutuhan glukosa dalam tubuh yang hilang selama puasa seharian.  Kurma juga mengandung mineral penting dan serat yang diperlukan oleh tubuh di bulan puasa ini.

3. Puding buah

Sebelum melakukan perjalanan, siapkan dulu puding dari buah segar untuk buka puasa di jalan. Puding mengandung vitamin, mineral, dan serat tambahan dari buah. Puding buah juga terasa segar dan cukup mengenyangkan sehingga Anda tidak akan merasa kelaparan sepanjang perjalanan.

4. Es kelapa

Selama berpuasa seharian, tubuh Anda kehilangan banyak elektrolit. Elektrolit yang hilang harus segera digantikan saat berbuka puasa. Untuk itu, es kelapa bisa jadi solusi yang praktis dan efektif untuk menggantikan elektrolit.

Es kelapa dengan tambahan gula jawa atau air kelapanya saja bisa menggantikan elektrolit tubuh lebih dari sekadar air putih biasa. Tak cuma itu, daging buah kelapa yang padat gizi juga bisa membantu menunda lapar selama di jalan.

5. Snack kedelai

Makanan ringan dengan bahan utama kedelai mudah ditemukan di pasaran, salah satunya adalah SOYJOY Crispy. SOYJOY Crispy dibuat dari bahan utama kedelai yang tinggi serat dan hadir dalam butiran soy puff yang renyah dengan rasa vanila yang enak.

Kedelai mengandung protein dan serat yang tinggi, sehingga bisa menekan rasa lapar dan mencegah kebiasaan kalap makan ketika berbuka puasa. Selain itu, kacang ini juga menyehatkan sistem pencernaan karena mengandung banyak serat, dan tak akan membuat gula darah melonjak karena kedelai memiliki nilai indeks glikemik rendah.

 

Sumber:

Nutrition and healthy eating. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/artificial-sweeteners/art-20046936. Diakses pada 15 Maret 2018.

A Healthy Ramadan. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html Diakses pada 15 Maret 2018.

Fasting and your health. http://www.nhs.uk/Livewell/Healthyramadan/Pages/fastingandhealth.aspx. Diakses pada 15 Maret 2018.

The truth about coconut water. https://www.webmd.com/food-recipes/features/truth-about-coconut-water#1 Diakses pada 17 Mei 2018.

 

 

Related Articles