5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Makan

03 October 2017

Saat lapar, kita biasanya akan mencari makanan untuk mengenyangkan perut. Nah, saat perut kenyang, biasanya kita akan merasa ngantuk. Namun, sebenarnya tidur setelah makan tidak disarankan karena lambung akan bekerja lebih keras sehingga membuat perut terasa tidak nyaman.

Selain tidur, ada lima hal lain yang tidak disarankan untuk dilakukan sesaat setelah makan. Simak uraiannya dalam paparan berikut ini:

1.Merokok

Bagi sebagian orang, merokok setelah makan merupakan surga dunia sehingga pantang dilewatkan. Padahal ini kebiasaan yang tidak baik. Tubuh perlu mencerna makanan dengan benar. Jika kita merokok setelah makan, maka kandungan nikotin pada rokok akan mengikat oksigen yang dibutuhkan dalam proses mencerna makanan. Merokok setelah makan juga membuat tubuh menyerap zat karsinogen (yang memicu kanker) yang terdapat pada rokok.

3. Mandi

Ada yang senang mandi setelah makan? Hal ini sebaiknya tidak dilakukan, atau setidaknya ditunda beberapa saat. Alasannya, saat mandi tubuh harus bekerja lebih optimal untuk mengatur aliran darah yang menjangkau daerah kulit lebih cepat untuk mengompensasi perubahan suhu. Sehingga langsung mandi setelah makan membuat proses pencernaan menjadi kurang efisien karena membuat aliran darah lebih sedikit untuk membantu makanan dicerna lebih cepat.


4. Minum teh dan kopi
Ada kebiasaan sebagian orang minum teh atau kopi setelah makan. Padahal, ini merupakan kebiasaan yang kurang baik mengingat teh dan kopi mengandung zat yang menghambat penyerapan zat besi dari makanan. Nah, zat besi yang diikat ini tak bisa diserap tubuh.

 

5. Olahraga

Olahraga setelah makan bukanlah ide yang baik. Mengapa? Melakukan olahraga keras segera setelah makan berat membuat asam lambung naik (acid reflux), cegukan, hingga mual dan muntah.

Related Articles