5 Hal yang Membuat Kedelai Menjadi Solusi Hidup Sehat

Bagi sebagian besar orang, untuk memulai atau konsisten menjalani gaya hidup sehat memang tidak mudah. Padahal, untuk memulainya bisa dilakukan dari hal kecil, misalnya memilih camilan (snack) harian yang lebih sehat.

Jika kamu beranggapan bahwa ‘ngemil’ itu tidak sehat, faktanya tidaklah demikian. Snacking justru disarankan untuk dikonsumsi dua kali sehari, atau selingan sebelum makan utama. Tujuannya, agar saat jam makan besar tiba, kamu bisa membatasi jumlah asupan dan tidak makan berlebihan.

Tentunya snack yang dimaksud di sini adalah snack sehat seperti snack bar yang terbuat dari kedelai utuh. Mengapa kedelai merupakan pilihan sehat sebagai cemilan?  Ada sejumlah alasan mengapa mereka yang ingin menjalani gaya hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi kedelai, di antaranya:

1. Tinggi serat

Kedelai memiliki Kandungan serat yang tinggi, serat pada kedelai dicerna perlahan oleh tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama. Itu sebabnya, konsumsi kedelai dapat menjadi solusi agar terhindar dari obesitas. Kandungan serat pada kedelai dapat membantu menjaga saluran cerna tetap sehat dan juga baik untuk menurunkan kadar lemak jahat sehingga mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes, kolesterol dan jantung.

2. Tinggi protein

Kedelai merupakan sumber protein yang mengandung asam amino esensial yang bermanfaat dalam membantu pertumbuhan massa otot. Mengonsumsi  kedelai setelah berolahraga dapat membantu memperbaiki / meregenerasi sel-sel otot yang rusak.

3. Nilai Indeks Glikemik rendah

Nilai IG (Indeks Glikemik) pada kedelai rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penyandang diabetes. Nilai IG rendah menandakan bahwa konsumsi kedelai tidak akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah yang berlebihan setelah dikonsumsi. Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat suatu makanan diubah menjadi glukosa oleh tubuh. Semakin rendah angka GI maka semakin lambat pula peningkatan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

4. Kaya vitamin dan mineral

Konsumsi kedelai bisa menghilangkan kekhawatiran kamu akan kekurangan asupan zat gizi. Kedelai mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, serta asam folat. Fungsi semua vitamin ini adalah untuk memelihara kesehatan tubuh. Kedelai juga kaya mineral seperti mangan, selenium, kalium, tembaga, fosfor, magnesium, juga zat besi yang menunjang fungsi tubuh agar berjalan baik.

5. Tinggi Isoflavon

Kedelai banyak mengandung isoflavon, sejenis antioksidan yang memiliki beragam manfaat, antara lain membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke, juga membantu menjaga kesehatan kulit. Isoflavon yang hadir dalam kedelai juga berfungsi untuk memperlambat pengeroposan tulang sehingga mencegah terkena risiko osteoporosis.



Sekarang kamu bisa menikmati kebaikan kedelai dengan mudah, kebaikan kedelai kini hadir pada SOYJOY, SOYJOY memberikan #Soylution; sebuah solusi dari kebaikan kedelai untuk membantu kamu hidup lebih sehat. Terbuat dari kedelai yang tinggi serat dan protein, SOYJOY bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuhmu.

Jika kamu ingin menjaga pola makan tapi selalu ingin jajan sembarangan, coba nikmati SOYJOY saat perjalanan ke kantor atau di saat kamu sedang asik bekerja. Dengan kandungan nutrisi yang baik, SOYJOY cocok menjadi pilihan sebagai snack harian mu.

Related Articles