5 Kebiasaan Baru untuk #HidupEnak dan Sehat yang Patut Dicoba Mulai Hari Ini

17 April 2018

Siapa bilang hidup sehat tapi tetap enak itu sulit? Kunci untuk hidup lebih sehat adalah dengan mengubah kebiasaan lama yang kurang sehat dan menggantinya dengan berbagai kebiasaan baru yang sehat. Namun jika Anda masih ragu untuk memulainya, lakukanlah dari hal-hal yang kecil dahulu. Lama-kelamaan, Anda akan terbiasa dengan setiap perubahan kecil itu di hidup Anda. Apa saja kebiasaan baru yang bisa Anda terapkan mulai hari ini agar hidup jadi lebih sehat?


1. Coba makanan baru

Kesibukan harian mungkin menuntut Anda untuk makan yang serba cepat dan pilihannya itu-itu saja. Tanpa disadari, kebiasaan makan seperti ini bisa memengaruhi kesehatan Anda. Makan makanan yang sama berulang-ulang bisa sangat membatasi asupan gizi dan nutrisi penting bagi tubuh.

Jika Anda ingin mulai hidup lebih sehat, tidak ada salahnya untuk mencicipi beragam jenis makanan baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Cobalah dari camilan-camilan sederhana dan berbahan dasar nabati, seperti kacang kedelai. Selain sangat mudah untuk didapat, rasanya juga lezat dan kaya akan protein serta serat yang mengenyangkan.



2. Ikuti senam pagi

Jika Anda adalah tipe orang yang suka merasa lemas dan tidak semangat saat bangun tidur, melakukan olahraga di pagi hari justru dapat menggenjot energi Anda untuk beraktivitas seharian.

Tidak usah olahraga yang berat. Tidak usah pula memaksakan menyeret tubuh untuk pergi ke lapangan dekat rumah untuk gabung senam pagi bersama ibu-ibu tetangga. Cukup dengan melakukan peregangan sederhana selama 10-15 menit sebelum Anda melanjutkan rutinitas pagi. Efek positifnya pada kesehatan tubuh dan mental Anda akan bertahan sepanjang hari.

Menariknya lagi, semangat kita biasanya akan paling tinggi di pagi hari dan mulai terus merosot hingga penghujung hari. Inilah kenapa Anda sebaiknya melakukan perubahan kecil pada rutinitas pagi hari Anda. Selain meningkatkan energi dan produktivitas, perubahan mood positif yang terpancar dari dalam diri Anda juga bisa menular ke orang lain di sekitar. Tidak ada ruginya, bukan?



3. Kurangi minum teh, kopi, dan alkohol

Kandungan kafein dalam teh dan kopi, serta alkohol bisa merugikan kesehatan apabila dikonsumsi kebanyakan, misalnya sakit kepala, kelelahan, dan bahkan gangguan irama jantung.

Namun jika Anda ingin hidup lebih sehat tapi tidak bisa lepas dari minuman favorit, jangan khawatir. Mulailah perlahan dengan mengurangi porsinya sehari-hari. Sebagai gantinya, perbanyaklah minum air putih, makan buah dan sayuran serta makanan bergizi, olahraga teratur, dan cukupi kebutuhan vitamin D dari sinar matahari.

Mengganti secangkir kopi Anda dengan berbagai kebiasaan baru ini bisa menyediakan energi yang lebih tahan lama sekaligus membuat tubuh lebih bugar, tanpa risiko efek samping.





4. Jalan-jalan di alam bebas

Bagi Anda yang sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor, ada baiknya meluangkan waktu untuk sekadar jalan-jalan santai keliling taman kota, bersepeda, atau bahkan rekreasi ke alam bebas untuk menikmati pemandangan dan udara segar.

Kegiatan yang Anda lakukan di alam menawarkan banyak manfaat positif. Mulai dari melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh saat melakukan banyak gerakan, meningkatkan kemampuan otak, sampai bisa meningkatkan mood.

Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa membuat Anda lebih semangat, terhindar dari stres, bahkan mencegah depresi. Dilansir dari laman Huffington Post, Susan Krauss Whitboure, Ph.D., seorang profesor psikologi di University of Massachusetts Amherst mengatakan bahwa sekadar melihat foto pemandangan alam bebas pun bisa mengurangi stres.

Membangun niat untuk melakukan kebiasaan yang satu ini memang agak menantang. Namun, jika akhirnya Anda terbiasa melakukan kegiatan outdoor, perlahan hidup Anda akan berubah menjadi lebih sehat, lebih bahagia, dan tentunya lebih mencintai lingkungan sekitar Anda.



5. Masak sendiri di rumah

Bila Anda terbiasa beli makanan siap saji, cobalah untuk mulai memasak sendiri agar terbiasa hidup lebih sehat.

Dengan masak sendiri, Anda bisa memilah-milih sumber makanan yang Anda inginkan serta serta memantau kandungan zat gizi dalam makanan yang Anda masak dan konsumsi sendiri. Anda juga dapat menjaga asupan nutrisi tetap baik dengan mengurangi kandungan nutrisi yang tidak sehat untuk tubuh.

Selain lebih sehat, masak di rumah bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih hemat, bahagia, dan produktif.







19 Healthy Eating Habits to Adopt in the New Year. https://www.self.com/story/easy-ways-to-develop-healthy-eating-habits Diakses pada 15 Maret 2018.

5 Healthy Habits That Will Actualy Change Your Life. https://www.huffingtonpost.com/entry/5-healthy-habits-that-will-actually-change-your-life_us_5897cb34e4b061551b3e006f Diakses pada 15 Maret 2018.

14 Small and Simple Steps to be Healthier in 2018. https://www.huffingtonpost.com/entry/12-small-and-easy-steps-to-be-healthier-in-2018_us_5a543889e4b0f9b24bf31a4d Diakses pada 15 Maret 2018.

 

Related Articles