5 Mitos Fakta Diet Diabetes dan #Soylutionnya

21 January 2019

Banyak mitos diet diabetes yang kadung dipercaya sebagai kebenarannya. Apa saja yang sekadar mitos atau fakta yang sebenarnya?


Diabetes merupakan kondisi terganggunya proses metabolisme  yang dikarenakan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi insulin, sehingga memengaruhi glukosa dalam darah. Cara mengendalikan diabetes adalah memerhatikan pola makan agar gula darah tidak meningkat. Jika kamu membayangkan pola makan bagi penyandang diabetes itu ‘menyiksa’, karena banyak larangan, itu tidak sepenuhnya benar. Itu hanya mitos yang dianggap sebagai kebenaran. Agar tidak terjebak pada mitos yang ‘menyesatkan.’ Berikut ini mitos dan fakta diet diabetes dan #Soylution yang perlu kamu ketahui:

1. Karbohidrat adalah musuh 

Karbohidrat
Faktanya
,  karbohidrat, seperti nasi memang memiliki kadar gula yang tinggi. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Kamu masih boleh mengonsumsi tiga hingga empat kali makanan yang mengandung karbohidrat dengan porsi yang diatur. Nah, supaya kamu tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat,  kamu bisa snacking dengan makanan yang kaya serat dan protein, seperti SOYJOY, dua jam sebelum makan. Terbuat dari kedelai utuh, SOYJOY merupakan #Soylution untuk kamu yang ingin hidup lebih sehat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.


2. Penyandang diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis

Makanan Manis
Faktanya
,  tak semua makanan manis ‘terlarang’ bagi penyandang diabetes. Jika termasuk makanan yang menyehatkan dan memiliki nutirisi tinggi, boleh saja Anda mengonsumsinya, asalkan dalam takaran yang tidak berlebihan serta diimbangi dengan olahraga.


3. Penyandang diabetes harus makan makanan khusus

Makanan Khusus
Faktanya
, menu utama utama penyandang diabetes tidak jauh berbeda dengan orang normal. Namun, yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Selain itu, asupan gula juga harus seimbang dan perbanyak makanan yang berasal dari kedelai, gandum, sayuran dan buah.


4. Produk bebas gula adalah pilihan sehat

Bebas Gula
Faktanya,
tidak semua produk makanan bebas gula adalah pilihan sehat untuk penyandang diabetes. Bisa jadi produk tersebut masih mengandung banyak karbohidrat, lemak atau kalori, yang juga buruk untuk diabetes. Karena itu pastkan untuk memeriksa label nutrisi untuk content karbohidrat total


5. Pemanis buatan adalah pengganti gula yang tepat

Pemanis Buatan
Faktanya,
pemanis buatan biasa digunakan sebagai pengganti gula karena dianggap lebih aman. Padahal, pemanis buatan juga bersifat aditif atau kecanduan. Beberapa pemanis buatan seperti aspartame, sakarin dan sucralose, bahkan dianggap dapat menimbulkan risiko kesehatan di masa depan.


Glikemik rendah

Rahasia mengendalikan diabetes adalah jeli dalam  memilih makanan yang bersahabat dengan diabetes, alias tidak membuat gula darah melonjak drastis. Makanan-makanan yang aman dikonsumsi oleh penyandang diabetes  biasanya memiliki indeks glikemik rendah.


Berikut ini pilihan makanan yang wajib ada dalam diet diabetes:

-Ikan:  Sarden, herring, dan mackerel adalah sumber lemak omega-3 DHA dan EPA yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan jantung.

-Sayuran hijau: Bayam, kale, brokoli dan sawi hijau dan lainnya mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin C yang mengurangi penanda inflamasi dan kadar gula darah puasa untuk orang diabetes tipe 2 atau tekanan darah tinggi.

-Kacang-kacangan: Semua jenis kacang, termasuk kacang kedelai mengandung serat dan rendah karbohidrat yang dapat dicerna dengan baik di dalam tubuh.


https://www.healthline.com/health/diabetes/diet-myths#outlook

https://www.healthline.com/nutrition/16-best-foods-for-diabetics#section8

Related Articles