Gaya Hidup Sehat Bisa Dimulai Dari Puasa, Begini Caranya

06 June 2018

Puasa di bulan Ramadan, bisa dijadikan titik poin untuk mulai menjalankan gaya hidup sehat. Selama 11 bulan, mungkin gaya hidup kamu berantakan, makan tidak teratur, stres berkepanjangan. Berolaraga? Duh, boro-boro berolarahraga, beranjak dari kursi saja sulit. Tapi yang terjadi biarlah terjadi, yang berlalu jangan diungkit lagi. Kini saatnya kamu mempebaiki gaya hidup kamu. 

Caranya gimana? Gampang,. Mengubah gaya hidup nggak akan bikin kamu mati gaya. Ada cara yang enak dan gak maksa, seperti ini:

Olahraga antimager

Puasa jangan dijadikan alasan untuk malas bergerak. Kamu bisa mulai dengan berolahraga ringan selama 15-20 menit sebelum berbuka. Cari olahraga yang enak, misalnya jalan kaki mencari menu untuk berbuka puasa. Usahakan juga solat tarawih di mesjid, selain bisa membakar kalori dari makanan yang kamu konsumsi saat berbuka, juga bisa membuat kamu tetap bergerak sepanjang hari.

Tidur berkualitas

Sering begadang  jadi masalah khas anak-anak zaman now. Nah, mumpung puasa, pola tidur juga jadi berubah. Karena harus bangun pagi untuk sahur, mau gak mau, kamu juga harus tidur lebih cepat biar gak kesiangan.

Lebih relaks

Saat puasa,  coba deh menjalani hidup kamu lebih santai. Kabar baiknya, selama puasa, biasanya beban pekerjaan berkurang , deadline juga tidak horor-horor amat. Nah, kamu bisa sedikit bernapas lebih panjang. Kamu bisa memanfaatkan waktu dengan aktif di kehidupan sosial atau menekuni hobi. Cara-cara ini bikin kamu lebih relaks dan menikmati hidup.

Perbaiki pola makan

Selama puasa, pola makan kamu berubah. Makan hanya boleh sebelum fajar dan saat tenggelamnya matahari. Selama 12  jam kita tidak diperbolehkan makan dan minum. Pola makan yang berubah ini menurut penelitian, menyehatkan.

Mark Mattson, seorang profesor ilmu saraf di Universitas Johns Hopkins dan kepala laboratorium Neurosciences di National Institute of Aging, mengungkapkan ketika kamu berpuasa selama 10 hingga 12 jam, pada saat itu keton dihasilkan dari lemak. Keton berfungsi sebagai sumber energi yang sangat baik untuk sel-sel di seluruh tubuh dan otak Anda. Bahkan pada otak, termasuk meningkatkan memori dan memiliki efek sebagai antidepresan.  

Namun,  Mark menyarankan untuk tidak makan berlebihan di malam hari. Sebaliknya, terapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, antara karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, mineral dan cairan.

Biar di siang hari nggak ngantuk dan puasa kamu lancar, kurangi makan karbo saat sahur dan berbuka adalah keharusan. Coba deh pilih snacking  berbahan dasar kedelai yang tinggi protein dan serat agar kamu kenyang lebih lama dan gak tertarik makan karbo berlebihan sehingga tidak kalap saat berbuka dan kenyang lebih lama ketika sahur.

Butuh waktu beberapa minggu untuk seluruh sistem kamu beradaptasi dengan pola makan baru ini.  Satu atau dua minggu pertama, mungkin kamu akan baperan, pada beberapa orang akan mengalami sakit kepala. Tapi minggu-minggu berikutnya tubuh kamu akan terbiasa dan pola makan baru yang tentunya lebih sehat ini akan terbentuk.  Pertahankan pola hidup sehat ini sampai akhir Ramadan dan seterusnya ya.

Related Articles