Ingin Tubuh Ramping? Ikuti Kebiasaan Kecil Ini

23 January 2019

Memiliki tubuh ramping jadi keinginan banyak orang. Sayangnya, usaha menurunkan berat badan seringkali terhenti di tengah jalan ketika membayangkan beratnya perjuangan, seperti harus berolahraga setiap hari,  tidak boleh ngemil, dan sebagainya. Ada yang bisa menerapkan dan membuahkan hasil yang diinginkan, banyak pula yang akhirnya merasa putus asa dan menyerah kalah sebelum target penurunan berat badan tercapai.
Sebenarnya, mendapatkan tubuh lebih ramping tidak sesulit yang dibayangkan, kok.  Masih ingat pepatah yang bilang, sesuatu yang besar dimulai dari hal-hal kecil? Nah, ini bisa kamu terapkan dalam upaya penurunan berat badan. Simak langkah-langkah di bawah ini, ya.

Temukan Motivasi
Salah satu kesuksesan penurunan berat badan adalah kuatnya motivasi. Cobalah temukan motivasi yang membuat Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, misalnya agar Anda bisa memakai kembali jeans kesayangan Anda, untuk menurunkan kolesterol atau agar bisa hidup lebih lama bersama anak-anak, atau lainnya.  Temukan "MENGAPA" harus menurunkan berat badan, dan ingatkan diri Anda setiap hari.
Untuk membantu Anda tetap konsisten dalam tujuan Anda,  bergabunglah ke dalam komunitas-komunitas kebugaran, misalnya bergabung dengan gym, buat kelompok diet dengan beberapa teman, menyewa instruktur atau bergabung dengan komunitas kebugaran online. Ini bisa dijadikan motivasi semangat ketika Anda menghadapi tantangan atau kemunduran.

Mulai dengan Perubahan Kecil

1. Sarapan dengan telur
Sarapan Telur
Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dipublikasikan di International Journal of Obesity, mengganti sarapan roti bagel dengan telur bisa membantu kamu menurunkan berat badan 65 persen lebih banyak. Subjek yang makan telur saat sarapan kehilangan berat badan, lemak tubuh dan lebar pinggang lebih besar dibandingkansubjek yang makan roti bagel dengan kalori yang sama. Kandungan protein telur yang lebih tinggi dapat membantu kamu tetap kenyang lebih lama dan menyebabkan makan lebih sedikit sepanjang hari.

2. Matikan televisi
Mematikan Televisi
Kebiasaan makan di depan layar televisi atau komputer, berefek buruk pada berat badan kamu. Studi menunjukkan bahwa makan sambil menonton televisi membuat kita makan 40% lebih banyak dari biasanya. Sehingga untuk menurunkan berat badan tanpa pengorbanan besar, matikan televisi, komputer dan jauhkan telepon genggam kamu saat makan dan berkonsentrasilah pada makanan supaya kamu menyadari sudah berapa banyak makanan yang sudah kamu makan.

3. Piring kecil
Brian Wansink, Ph.D., seorang ilmuwan, menemukan fakta menarik bahwa orang yang makan dengan menggunakan piring kecil, ternyata 60% makan lebih sedikit dibandingkan mereka yang menggunakan piring besar.

4. Fokus pada masa depan
Masa Depan Cerah
Mempunyai pandangan positif tentang masa depan,  cenderung membawa kamu ke pilihan makanan yang lebih sehat, menurut sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research.  Sikap positif bahwa di masa depan kamu akan menjadi lebih sehat, lebih ramping, dan sebagainya, membuat kamu mengambil pilihan yang lebih baik di masa sekarang. Sehingga, alih-alih memberikan kebahagiaan sesaat  dengan sepotong donat, kamu akan lebih memilih snack sehat yang tinggi protein dan serat seperti SOYJOY yang bisa memberikan kebahagiaan di ‘masa depan.’ Terbuat dari kedelai, SOYJOY bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga cita-cita kamu untuk mendapatkan berat badan yang ideal di masa depan, lebih mudah terwujud.

5. Tambahkan buah & sayur
Makanan Buah & Sayur
Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dapat membuat kamu kenyang lebih lama, ditambah nutrisi yang lebih banyak dan sedikit kalori. Untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan tanpa merasa lapar, setidaknya konsumsi limaporsi buah atau sayuran setiap hari.

6. Mengurangi gula
Kamu penggemar kopi atau teh? Jangan hentikan kebiasaan kamu, tapi cukup kurangi gulanya. Mengurangi dua sendok teh gula dari kopi atau teh kamu setiap kali mengonsumsinya mungkin bukan perkara besar, tapi sangat penting untuk berat badan, karena bisa mengurangi sekitar 50 kalori.

7. Lebih aktif
Olahraga Pagi
Jika kamu lebih sering bermain gadget sambil leyeh-leyeh di sofa kesayangan. Atau, di kantor terlalu asyik berkutat di depan laptop, coba deh sesekali bangkit dari tempat duduk dan berjalan-jalan di sekitar ruangan, ke pantry atau mungkin ke ruangan rekan kerja lain atau bahkan mencoba semua peralatan olahraga yang tersedia di kantor kamu. Yang penting coba lebih aktif bergerak, sehingga bisa membuat lemak-lemak di sekitar pinggang terbakar.

Yuk, lakukan perubahan-perubahan kecil mulai sekarang.

https://gethealthyu.com/how-to-get-motivated-to-lose-weight/

Related Articles