Jangan Takut Lapar, Ini Kiat Sukses Melakukan Diet Rendah Karbohidrat Saat Ramadhan

31 May 2018

Karbohidrat memang cukup mudah membuat berat badan melonjak. Kelebihan sedikit saja, timbangan Anda akan langsung naik. Maka itu banyak orang yang mulai membatasi asupan karbohidratnya supaya mendapatkan berat badan ideal.

Nah, bulan puasa bisa jadi kesempatan Anda untuk mulai mengurangi makan makanan tinggi karbohidrat dan mengubah pola makan. Tak usah takut kelaparan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya tetap kuat meski menjalani diet rendah karbohidrat selama puasa ramadhan.

Pangkas karbohidrat, cara yang ampuh untuk turunkan berat badan

Karbohidrat adalah zat gizi yang banyak terkandung di dalam makanan atau minuman manis, berbagai makanan pokok, seperti nasi, mie, tepung, dan sebagainya. Nah, sayangnya orang Indonesia banyak yang menganut prinsip bahwa ‘belum makan nasi, ya belum makan namanya’.

Padahal sebelumnya sudah makan mie dua bungkus atau setangkup roti, yang kandungan karbohidratnya sama dengan nasi. Maka itu, banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan akibat berlebihan makan karbohidrat.

Supaya berat badan cepat turun, Anda memang harus memangkas karbohidrat dari menu harian. Mengurangi karbohidrat adalah cara yang manjur untuk mendapatkan berat badan ideal.

Bahkan hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine. Penelitian ini menyebutkan bahwa pola makan dengan rendah karbohidrat lebih ampuh menurunkan berat badan dalam setahun ketimbang dengan membatasi diri dari makanan berlemak.

Pasalnya, karbohidrat yang Anda konsumsi akan mudah dicerna dan diproses menjadi bahan bakar yang siap dipakai untuk segala aktivitas. Nah, jika Anda tidak melakukan aktivitas fisik yang banyak tapi makan karbohidrat berlebihan, justru akan membuat bahan energi ini menumpuk.

Bahan energi yang tak terpakai ini akan disimpan dalam bentuk lemak oleh tubuh. Maka itu, semakin banyak karbohidrat yang dimakan dapat meningkatkan tumpukan lemak di dalam tubuh Anda dan akhirnya berat badan pun melonjak.

Kiat melakukan diet rendah karbohidrat saat puasa

Supaya tidak kelaparan saat puasa, ada kiat khusus yang bisa Anda lakukan meskipun sedang diet rendah kalori.

  1. Pilih sumber protein yang tepat

Karena Anda mengurangi asupan karbohidrat, maka Anda harus memilih jenis protein yang tepat supaya tak merasa lemas.

Ikan, daging sapi, telur, dan daging ayam bisa jadi pilihan yang tepat untuk menu diet rendah karbohidrat Anda. Pasalnya di dalam makanan tersebut kandungan karbohidratnya sangat sedikit, tapi bisa membuat tubuh lebih bertenaga.

Pastikan untuk menghilangkan lemak dari sumber protein yang Anda pilih, misalnya makan daging ayam tanpa kulit dan daging sapi tanpa gajih.

  1. Mengandalkan sayuran rendah karbohidrat

Faktanya, sayur mengandung serat yang termasuk ke dalam kelompok karbohidrat. Namun, tentu saja kandungan karbohidrat dalam sayur berbeda dengan karbohidrat dari gula.

Tak perlu khawatir, Anda bisa memilih sayur dengan kandungan karbohidrat yang tepat. Misalnya brokoli, selada, dan kembang kol yang hanya mengandung 4 gram karbohidrat dalam 100 gramnya.

Lagipula, serat akan membuat perut Anda kenyang lebih lama dan menahan lapar hingga waktu berbuka tiba.

  1. Makan buah yang rendah gula dan karbohidrat

Persis seperti sayuran, buah-buahan mengandung serat yang juga jenis karbohidrat. Bedanya, dalam buah-buahan terdapat gula alami, yaitu fruktosa, yang juga tergolong ke dalam karbohidrat.

Beberapa jenis buah yang mengandung karbohidrat lebih dari 30 gram adalah pisang, pir, dan apel. Alih-alih makan buah-buahan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan buah yang hanya memiliki 10 gram karbohidrat di dalamnya seperti alpukat, stroberi, pepaya, dan blewah.

  1. Mengonsumsi camilan tinggi serat sebelum makan besar

Nah, cara lain supaya Anda tidak cepat lapar tapi tetap bisa membatasi asupan karbohidrat adalah dengan mengonsumsi camilan yang mengandung banyak serat. Kandungan serat yang tinggi bisa Anda dapatkan dari SOYJOY Crispy yang dapat memangkas asupan karbohidrat saat makan besar dan cocok dimakan dua jam sebelum makan.

SOYJOYCrispy terbuat dari kedelai dengan kandungan serat tinggi serta protein baik yang membuat perut jadi kenyang lebih lama. Kebaikan kedelai kini hadir dalam SOYpuff yang renyah. Anda pun tidak perlu takut mengalami kenaikan gula darah, karena SOYJOY Crispy merupakan camilan dengan indeks glikemik yang rendah dan gluten free.

Low Carbs Foods That Make You Feel Full http://www.livestrong.com/article/389205-low-carb-foods-that-make-you-feel-full/ Diakses pada 26 Juli 2017

Low Carb Diet http://www.healthline.com/health/healthy-eating/low-carb-diet#Definition2 Diakses pada 26 Juli 2017

 

Related Articles