Makanan sangat memengaruhi ukuran lingkar pinggang.

25 January 2019

Berapa ukuran lingkang pinggang kamu? Bila belum tahu, segera periksa, untuk memastikan apakah lingkar pinggang kamu termasuk ideal atau tidak. Menurut IDF (International Diabetes Federation), lingkar pinggang yang normal untuk laki-laki adalah lebih kecil dari 102 cm, dan perempuan lebih kecil dari 88 cm. Mengapa penting mengetahui lingkar pinggang? Karena memengaruhi kesehatan kamu, ukuran lingkar pinggang di atas normal dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekumpulan kondisi yang terjadi secara bersamaan seperti peningkatan tekanan darah, kadar gula darah yang tinggi, kelebihan lemak di sekitar pinggang, serta kenaikan kadar kolesterol yang tidak biasa. Kondisi ini membuat penderitanya berisiko tinggi mengalamipenyakit jantung, stroke, dan diabetes.Untuk menjaga ukuran lingkar pinggang tetap ideal atau untuk mengurangi ukurannya, inilah beberapamakanan terbaik dan terburuk yang perlu kamu pahami. Kurangi yang buruk dan konsumsi yang baik untuk mengurangi risiko penyakit sindrom metabolik, sekaligus membuat penampilan kamu lebih baik.   

Makanan Terburuk

Jauhi makanan ini dari piring makan Anda bila tidak ingin ukuran lingkar pinggang kamu bertambah.

1.Biji-bijian olahan


Biji-bijian yang terlalu banyak diproses akan kehilangan nutrisi berharganya. Pada dasarnya, biji-bijian yang terlalu banyak diproses hanya terdapat karbohidrat dengan sedikit nutrisi. Contoh sumber karbohidrat yang terbuat dari biji-bijian olahan adalah nasi putih, tepung putih dan produk turunannya seperti  roti putih, dan kue-kue kering.

2. Gula Tambahan


Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan konsumsi gula pasir tidak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan per hari. Sayangnya, kebanyakan dari kita mengonsumsi lebih dari itu.  Contoh produk gula tambahan antara lain adalah minuman manis dan minuman soda, kue kering dan basah dan makanan manis lainnya. Ada juga produk makanan dan minuman yang nampaknya sehat tapi biasanya juga mengandung gula tambahan, seperti yogurt berperasa, granola dan saus.

3. Margarin

Margarin adalah salah satu makanan yang harus dibatasi asupannya karena mengandung lemak trans. Kita tahu bahwa lemak trans erat kaitannya dengan masalah kesehatan seperti sakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah, termasuk penambahan timbunan lemak di sekitar perut.

Makanan terbaik

4. Tinggi Serat


Para pakar kesehatan menganjurkan kamu mengasup minimal30 gram serat setiap hari. Penelitian menunjukkan, orang dengan asupan serat yang tinggi lebih bisa memertahankan indeks massa tubuh yang sehat dibandingkan dengan orang yang kekurangan serat.

5. Protein Rendah Lemak

Protein penting untuk perawatan otot dan membantu  penurunan berat badan. Protein yang baik adalah protein yang rendah lemak jenuh dan sodium seperti kedelai.  Camilan sehat yang tinggi protein dan serat seperti SOYJOY yang terbuat dari kedelai, bisa membantu kamu kenyang lebih lama, sehingga mampu menekan nafsu makan kamu. Selain itu, dikemas dengan praktis SOYJOY bisa kamu nikmati dimana saja.

6. Buah dan Sayuran

Seperti halnya kacang-kacangan dan biji-bijian, sayur dan buah juga adalah sumber serat yang utama. Mereka juga mengandung mikronutrisi yang penting untuk tubuh. Konsumsi sayuran beraneka warna adalah yang terbaik, hijau muda, hijau tua, oranye, merah dan putih. 

7. Lemak Sehat

Tidak seperti lemak trans dan jenuh, lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFAs) adalah lemak sehat dan kebanyakan ditemukan dalam produk nabati seperti kacang-kacangan. Selain sumber nabati, asam lemak omega-3 (PUFAs) juga banyak terdapat pada ikan terutama ikan laut.  Lemak sehat, selain menyehatkan jantung, juga memberi kamu rasa puas dan kenyang yang lebih sempurna dan lama. Akhirnya, kamu terhindar dari risiko makan berlebihan yang dapat membahayakan lingkar pinggang.

Selain pilihan makanan, cara memasak juga penting untuk membantu menjaga lingkar pinggang. Makanan lebih baik jika dipanggang, direbus atau dikukus ketimbang digoreng, terutama saat memasak daging.

Kesalahan dalam pengolahan makanan seperti diolah dalam minyak jenuh dan diberi gula tambahan, bisa membuat makanan sehat menjadi tidak sehat dan itu berarti bisa membuat lingkar pinggang kamu bertambah besar.


https://health.clevelandclinic.org/2016/07/dietitians-advice-best-worst-foods-waistline-summer


http://www.bistromd.com/weight-loss/9-best-and-worst-foods-for-your-waistline

Related Articles