Metode Piring Untuk Kendalikan Berat Badan

Punya cita-cita menurunkan berat badan yang tak kunjung jadi kenyataan? Barangkali sudah waktunya mencoba metode piring. Meski tak menjanjikan penurunan berat badan secara drastis, metode piring bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal dalam jangka panjang.

Kelebihan lainnya, metode piring banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan, karena bisa menghindarkan kamu dari risiko kekurangan gizi seperti ketika mencoba metode fad diet. Bukan hanya itu, metode piring juga cocok bagi penyandang diabetes, karena dapat membatasi konsumsi makanan yang bisa mengganggu kestabilan kadar gula darah. Sudah siap mencoba?

 

Garis Imajiner Untuk Membagi Isi Piring

Langkah pertama dalam menerapkan metode piring adalah membuat garis imajiner di atas piring untuk membagi jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi. Ingat, terapkan garis imajiner ini pada setiap piring yang kamu gunakan untuk wadah bersantap setiap hari. Caranya seperti berikut:

1. ½ bagian piring: Penuhi bagian ini dengan aneka jenis sayur yang tidak mengandung tepung, seperti brokoli, wortel, bayam, bokcoy, dan selada. Bila hendak dijadikan salad, usahakan sesedikit mungkin menggunakan dressing yang tinggi Sebagai alternatif dressing, kamu bisa memilih minyak zaitun, perasan lemon, yogurt, dan aneka rempah.


2. ¼ bagian
piring: Bagian ini ditujukan untuk sumber karbohidrat kompleks, yang berasal dari aneka jenis makanan berbahan wholegrain (gandum utuh). Karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh sehingga mampu memberikan suplai energi secara Kamu bisa memilih nasi merah, nasi hitam, oatmeal, serta roti dan pasta dari gandum utuh.


3. ¼ bagian
piring: Ini adalah area untuk sumber protein. Asupan protein amat penting untuk mendukung proses pembentukan dan perbaikan sel-sel tubuh. Ketimbang daging merah, perbanyak sumber protein dari daging putih, seperti ikan dan unggas. Untuk daging unggas, sebaiknya hindari Selain sumber protein hewani, kamu juga bisa mendapatkan protein dari telur, kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan walnut, serta biji-bijian seperti biji chia, quinoa, dan wijen.

 

Tambahan Zat Gizi Lainnya

Selain aneka jenis makanan yang diletakkan di atas piring, tambahkan pula asupan nutrisi dari jenis makanan berikut ini:


1. Sumber vitamin. Sertakan satu porsi buah-buahan sebagai sumber vitamin harian. Pilih warna yang berbeda untuk setiap jadwal makan buah, supaya kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi yang berbeda-beda. Jika hendak makan produk susu, pilih yang rendah Yogurt yang dicampur potongan buah adalah pilihan yang baik untuk snack di sela waktu makan.


2. Lemak Lemak sehat seperti asam lemak omega-3, 6, dan 9, amat penting perannya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Asupan lemak baik bisa diperoleh dari buah avokad, ikan berlemak, serta minyak zaitun.

3. Snack

Jika tak sempat menyiapkan makanan sendiri atau ingin menikmati snack di sela kesibukan, kamu bisa memilih SOYJOY. SOYJOY terbuat dari kedelai utuh dan buah-buahan yang dikeringkan sehingga memiliki kandungan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk memelihara kesehatan dan berat badan ideal.

 

Dengan menerapkan metode piring, kamu bisa memastikan kecukupan asupan gizi harian, menyeimbangkan kadar gula darah, sekaligus memelihara berat badan ideal.

 

Sumber:

Related Articles