Tetap Langsing Dengan Banyak Bergerak

Ingin punya tubuh langsing dan sehat? Kuncinya adalah memperbanyak porsi aktivitas fisik setiap hari.

Belakangan ini, gaya hidup sedentari—alias tidak aktif secara fisik, adalah salah satu faktor utama yang memicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Kemajuan teknologi memang membuat kita bisa melakukan berbagai hal secara lebih mudah. Berbagai kebutuhan, mulai dari sarana transportasi, makanan, sampai layanan bersih-bersih, bisa dipenuhi hanya dengan menekan tombol di smartphone. Mudah, tapi sebagai akibatnya, banyak orang terjebak menjadi malas bergerak.

Padahal, selain menerapkan pola makan sehat, membiasakan diri untuk aktif secara fisik adalah syarat utama yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan tubuh sehat dan berat badan ideal. Makanya, yuk, singkirkan rasa malas dan mulai lakukan berbagai jenis aktivitas fisik harian berikut ini.


1. Jalan Kaki

Meski kendaraan pribadi dan transportasi umum berada dalam jangkauan, sesekali sengajakan bepergian dengan berjalan kaki. Kamu juga bisa berjalan kaki sambil menghirup udara segar bersama anjing kesayangan. Untuk kamu dengan berat badan 50 kg, berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar kalori sekitar 87 Kalori, yang setara dengan kalori pada setengah porsi nasi.



2. Membersihkan Rumah

Gerah melihat kondisi rumah yang kotor dan berantakan? Daripada menunggu si bibik turun tangan, sesekali boleh juga bila kamu menanganinya sendiri. Selain ruangan jadi kinclong, tubuh juga jadi sehat. Selama 30 menit bersih-bersih rumah, kamu bisa membakar hingga 85 kalori.

3. Cuci Mobil

Bukan hanya bisa berhemat ongkos di gerai carwash, kamu juga bisa membakar kalori dengan cara mencuci mobil sendiri. Jika kamu biasa ngafe sambil menunggu kendaraaan selesai dicuci, maka dengan mengerjakannya sendiri, kamu bisa membakar sekitar 110 kalori selama 30 menit. Itu hampir sama dengan jumlah kalori dalam secangkir cappuccino yang biasa kamu beli di cafe.

4. Berkebun

Kamu senang berkebun? Jadikan hobi ini sebagai salah satu sarana pembakar lemak. Selain menyiram dan menata letak tanaman, lakukan sendiri pula jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar, seperti menggali tanah dan memindahkan pot tanaman. Jumlah kalori yang dibakar dengan berkebun selama 30 menit adalah 135 kalori.

5. Naik Tangga

Alih-alih naik lift atau eskalator, sesekali panjatlah tangga menuju ruang kuliah atau tempat kerja. Selain efektif membakar kalori—hingga 164 kalori dalam waktu 30 menit, kamu juga bisa sekaligus mengencangkan otot tungkai dan bokong dengan cara naik-turun tangga.


6. Bermain dengan Anak-anak

Kamu sering mencari alasan untuk pergi melipir saat dimintai tolong mengajak bermain keponakan di taman? Kali ini, sediakan diri untuk melakukannya. Selain bisa mempererat hubungan keluarga, bermain dengan anak-anak yang aktif juga efektif membakar kalori, lho! Selama 30 menit bermain dan banyak menggerakan tubuh, kamu bisa membakar hingga 110 kalori.

 

Jika kamu tidak mau menyia-nyiakan usaha olahragamu, maka setelah olahraga jagalah makan kamu jangan sampai berlebihan atau memilih makanan yang tidak sehat. Kamu bisa memilih snack yang kaya kandungan nutrisi dan memiliki nilai IG (Indeks Glikemik) rendah, seperti SOYJOY. SOYJOY terbuat dari kedelai utuh dan buah-buahan asli serta kaya kandungan protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh kita.

 

Sumber:

Related Articles