Kesehatan Caregiver, Jangan Sampai Terabaikan

Selain memantau kesehatan penyandang diabetes, kesehatan orang yang menjadi caregiver pun tak boleh luput dari perhatian.
Merawat orang yang sedang sakit adalah kegiatan yang menyita banyak waktu dan tenaga. Begitu pula yang dihadapi oleh para caregiver (perawat atau anggota keluarga yang membantu merawat) diabetes, yang sehari-harinya bertugas memantau kesehatan pasien penyandang diabetes. Agar bisa menjalankan perannya dengan baik, seorang caregiver perlu terlebih dahulu memelihara kesehatan pribadi dengan cara berikut ini.

Olahraga dan Pola Makan Sehat

Stamina yang fit amat penting dimiliki agar caregiver bisa merawat kesehatan pasien diabetes dengan baik. Langkah ampuh yang bisa kamu lakukan untuk memelihara stamina adalah olahraga secara teratur, minimal selama 30 menit dalam sehari. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang mudah dilakukan, seperti jalan cepat jogging atau bersepeda.

Selain olahraga, terapkan pula pola makan seimbang untuk mencukupi kebutuhan energi sehari-hari, seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Jika ingin ngemil, pilih snack yang tinggi protein dan serat, sehingga bisa memberikan asupan energi secara bertahap.

Agar lebih praktis, kamu bisa menyantap SOYJOY sebagai alternatif snack sehat di sela waktu makan. Soyjoy yang terbuat dari kedelai utuh dan buah-buahan asli bisa menjadi #Soylution untuk kebutuhan nutrisi harian, karena kaya kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh. Dibuat di Indonesia, SOYJOY, juga enak dan sesuai dengan selera kamu.

 

Memelihara Kesehatan Psikis

Selain kesehatan fisik, kesehatan psikis seorang caregiver terutama perlu diperhatikan secara khusus. Pasalnya, bukan sekadar menguras energi fisik, pekerjaan mengurus orang yang sedang sakit juga bisa menguras energi psikis seseorang. Terlebih apabila caregiver adalah anggota keluarga ataupun orang yang memiliki kedekatan emosional dengan pasien.

Penelitian menyatakan bahwa caregiver yang merawat pasien dengan kondisi penyakit kronis seperti diabetes, amat rentan mengalami stres akibat beban tugasnya. Selain mengingatkan jadwal minum obat dan ritual medis lainnya, caregiver juga perlu mendampingi pasien melakukan hal-hal keseharian seperti bersih-bersih, berpakaian, dan aneka kebutuhan lainnya. Ini bisa menjadi kegiatan yang amat melelahkan dan menguras emosi.

Untuk membantu meredakan rasa cemas dan meningkatkan rasa percaya diri kala mendampingi pasien, caregiver perlu melengkapi diri dengan informasi kesehatan terkini dan mengikuti pelatihan yang diperlukan. Selain dari dokter dan tenaga kesehatan yang terlibat, informasi kesehatan juga bisa didapat dari situs-situs kesehatan yang terpercaya, serta sharing pengalaman dengan sesama caregiver lainnya.

Tak kalah penting, caregiver juga perlu memelihara kondisi emosi dengan sesekali menikmati waktu libur seorang diri, mengambil jarak dari kesibukan harian merawat pasien. Gunakan saat ini untuk melakukan hobi dan hal-hal lain yang disukai, seperti rekreasi, curhat dengan sahabat, ataupun sekadar “membayar” waktu tidur yang terlewatkan. Selama kamu beristirahat, delegasikan tanggung jawab merawat pasien kepada pihak lain yang kompeten dan terpercaya.

Dengan memelihara kesehatan pribadinya, seorang caregiver akan mampu memberikan perawatan terbaik bagi penyandang diabetes yang menjadi tanggung jawabnya.

Sumber: