Tak Perlu Mati-matian, Ini 4 Cara Mudah Hidup Sehat

Hijrah dari gaya hidup tak sehat menuju gaya hidup sehat aktif, tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Pada realitanya, keinginan berubah sungguh cukup tinggi, namun kala melirik realisasi, rasanya semua orang langsung mundur perlahan.

Oleh karenanya, dibutuhkan suatu strategi khusus agar sedikit demi sedikit mengubah gaya hidup. bukan berarti harus mati-matian juga, karena banyak cara mudah yang cenderung serius dalam membawakan gaya hidup sehat menjadi bagian dari gaya hidup Anda sehari-hari. Berikut beberapa diantaranya.

Selalu Bersiap

Apapun kondisinya, kala Anda telah ketuk palu oleh keputusan untuk hidup sehat, seketika Anda sudah seharusnya untuk bersiap akan segala kondisi yang dihadapi. Misalnya, ingin berlatih ke pusat kebugaran namun tak mau didampingi personal trainer, berarti Anda harus tetap semangat mencari pola latihan yang tepat via Internet. Atau saat Anda ingin berlari, namun hujan kemudian melanda. Anda langsung bersiap untuk segera memainkan permainan lompat tali ya, bukan malah lari dari kenyataan. Karena dengan begitu, seperti Louis Pasteur pernah katakan, “Kesempatan selalu menyukai benak yang siap.”

Hadiahi Diri Sendiri

Setiap pencapaian yang Anda raih dalam rangka mengadopsi gaya hidup sehat aktif, sudah seharusnya mendapatkan reward. Mau berbentuk nonton film terbaru di bioskop, ataupun kalau sudah mencapai target tertentu, Anda ingin membeli sepatu baru pun tak masalah. Selama Anda tetap berada dalam jalur yang benar. Niscaya selalu ada jalan untuk sehat. Jadi, belajarlah menghadiahi diri sendiri pada tempat dan waktu yang tepat.

Latih Kreativitas

Walau saat ini Anda menganggap sudah sangat menyukai gaya hidup sehat. Percayalah, suatu saat fase jenuh pasti akan mendatangi, jika yang Anda lakukan hanya itu-itu saja tanpa ada peningkatan. Misalnya hanya nyaman dengan berlari sepanjang 2K tiap dua hari sekali. Paling tidak, ketika sudah cukup, Anda dapat meningkatkan lagi menjadi 5K. Setelahnya, barulah cari tantangan lain yaitu dengan berlari bersama teman serta menempatkan target-target tertentu setiap berlari. Itu namanya Anda sudah melatih kreativitas. Karena seperti yang diungkap oleh Eric Weiner dalam bukunya yang berjudul The Geography of Genius “Kreativitas seperti otot, yang oleh warga Kolkata, karena kebutuhan, terus menerus dilatih.”

Pilih Cemilan

Inilah langkah penutup dan sekaligus paling mudah untuk mengawali lajur menjalani gaya hidup sehat aktif. Apalagi kalau bukan dengan memilih cemilan sehat untuk diri pribadi. Contohnya seperti buah-buahan, tetapi agak kurang fleksibel jika harus dibawa kemana-mana apalagi harus menggunakan wadah tertentu. Nah, untuk itu, carilah cemilan yang praktis seperti SOYJOY dengan berbagai varian rasa yang dapat dibawah kemana-mana. Baik ke sekolah, kuliah, bermain, berolahraga dan bekerja. Protein yang tinggi serta kaya serat membuatnya layak menjadi cemilan harian Anda. Manfaatnya, Anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga pada saat makan besar, Anda tak kalap melahap segala jenis makanan yang menjadi bahan bakar bagi obesitas.

Referensi:

The Geography of Genius (Eric Weiner Books)