Momen pergantian tahun memang waktu yang paling pas untuk melakukan kilas balik dan memetakan perjalanan hidup selanjutnya. Jika salah satu resolusi Anda di tahun 2015 adalah untuk menjadi lebih bahagia dibandingkan sebelumnya, maka beberapa langkah di bawah ini bisa membantu Anda mewujudkannya dengan segera.

 

1. Berolahraga

Tubuh yang sehat adalah salah satu anugerah besar yang bisa mendatangkan perasaan bahagia. Untuk bisa mencapainya, Anda perlu meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur. Bukan hanya itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health Psychology juga menyebutkan bahwa aktivitas olahraga bisa memicu pelepasan hormon endorfin yang mampu mendatangkan perasaan bahagia.

 

2. Menghargai waktu sendiri

Suasana sibuk dan hiruk pikuk terkadang menghalangi kita mendengarkan kata hati serta sinyal-sinyal yang datang dari tubuh sendiri. Karenanya, sesekali Anda perlu menarik diri dari keramaian dengan cara melakukan meditasi, berdoa, menekuni hobi, ataupun sekadar membebaskan diri Anda dari gadget dan pergaulan di media sosial selama beberapa saat.

 

3. Menghargai kesuksesan kecil

Kebahagiaan tidak hanya bisa diperoleh dari keberhasilan meraih target-target besar. Kesuksesan dalam mencapai target sederhana misalnya mampu menggoreng telur mata sapi yang sempurna atau mengganti bola lampu tanpa bantuan orang lain, juga bisa menjadi sumber kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Mampu menghargai kesuksesan kecil akan membuat Anda senantiasa merasa bahagia meski belum mampu mencapai target besar yang diimpikan selama ini.

 

4. Mengelilingi diri dengan orang bahagia

Sama seperti virus penyakit, perasaan bahagia bisa menular dari satu orang ke orang lain di sekitarnya. Karenanya, mengelilingi diri dengan orang-orang yang bahagia dan memiliki pikiran positif adalah cara yang relatif mudah untuk ikut mencicipi pula kebahagiaan dalam kehidupan Anda sendiri. Bersama mereka, Anda bisa mempelajari cara menguasai seni merayakan kehidupan .

 

5. Banyak tertawa

Meski kedengarannya sederhana, namun aktivitas tertawa bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh kita. Menurut Dr. Lee Berk, peneliti dari Loma Linda University, California, dengan tertawa, tubuh kita akan melepaskan hormon yang mendatangkan perasaan bahagia. Bukan hanya itu, aktivitas tertawa juga bisa menguatkan sistem imunitas tubuh, memelihara selera makan, serta menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat, lahir dan batin, jelas Dr. Berk.

 

Selamat mencoba! ūüôā

 

Sumber:

-huffingtonpost.com

-webmd.com

-telegraph.co.uk