Bukan hanya cocok untuk membentuk otot, olahraga angkat beban ternyata juga berkhasiat mencegah penyakit diabetes. 

Menyeleksi asupan makanan serta memperbanyak aktivitas fisik adalah resep efektif untuk mengurangi risiko serangan berbagai jenis penyakit, termasuk diabetes. Tetapi, apa jenis olahraga yang terbukti paling efektif untuk mencegah terjadinya diabetes? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh gabungan para ilmuwan dari Havard School of Public Health dan University of Southern Denmark memberikan jawaban berupa latihan angkat beban!

Menurut Frank Hu, salah seorang peneliti yang juga profesor di bidang Nutrisi dan Epidemiologi dari Harvard School of Public Health, latihan angkat beban memiliki manfaat menurunkan risiko serangan penyakit diabetes tipe 2 jauh lebih efektif ketimbang latihan kardio yang selama ini diyakini sebagai olahraga terbaik untuk mencegah diabetes.

Mengapa angkat beban? Pasalnya, latihan angkat beban dapat membantu meningkatkan massa otot serta memperbaiki sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Dalam proses pembentukan massa otot, sel-sel tubuh menyerap lebih banyak glukosa untuk diubah menjadi energi. Meningkatnya proses penyerapan glukosa itulah yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi turun.

Meski penelitian yang dilakukan selama hampir dua dekade terhadap 32 ribu orang ini hanya melibatkan responden pria, tetapi menurut Hu, tidak ada alasan bahwa kesimpulan hasil penelitin tidak berlaku pula untuk wanita. Dengan kata lain, Anda para wanita yang melakukan latihan angkat beban juga akan mendapatkan benefit yang sama.

Meskipun demikian, untuk mendapatkan keuntungan optimal, Hu menyarankan untuk tetap mengombinasikan latihan angkat beban dengan latihan kardio. Pasalnya, latihan kardio bermanfaat untuk memelihara stamina serta mempertahankan berat badan ideal. Pencapaian berat badan ideal juga merupakan salah satu poin penting untuk mencegah penyakit diabetes.

Bersamaan dengan olahraga, imbangi pula asupan makanan bergizi ke dalam tubuh Anda. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang memiliki nilai Indeks Glikemik (GI) rendah. Sebaliknya, kurangi konsumsi jenis makanan dengan nilai GI tinggi seperti kue, donat, wafer, dan sebagainya.

Selamat menjalani hidup sehat!

Sumber:

http://www.theguardian.com/lifeandstyle/2012/aug/12/can-weightlifting-prevent-diabetes

http://www.telegraph.co.uk/health/healthnews/9455589/Weight-lifting-reduces-risk-of-type-2-diabetes-study.html

http://www.boston.com/dailydose/2012/08/07/can-weight-training-prevent-diabetes/u8dBg9XLWx85FUXpsru2nL/story.html

deneme bonusu veren siteler
betticket
betebet
venüsbet
bonus veren siteler
Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu
casino siteleri
vdcasino ilbet giriş ilbet yasal casino siteleri
deneme bonusu veren siteler
pornstar xxx video hot sexy video
xxx hindi Real Indian Group Sex Tamil wife fucking xxx
Deneme bonusu veren siteler
Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu veren siteler Deneme bonusu veren siteler
deneme bonusu veren siteler